PEMASARAN

Penulis

  • A. Dewi Andriani Universitas Negeri Makassar
  • Syamsu A. Kamaruddin Universitas Negeri Makassar

Kata Kunci:

Pemasaran, Penjualan

Abstrak

Pemasaran adalah jiwa didalam sebuah bisnis atau usaha. Definisi pemasaran merupakan berbagai Tindakan yang dilakukan perusahaan untuk menarik para konsumen ataupun client. Pemasaran tidak terbatas hanya pada promosi saja. Karena hal ini juga mencakup penjualan dan memberikan pengertian lebih dalam terkait produk ataupun jasa yang dimiliki perusaan. Makalah ini berisi terkait dengan jenis-jenis pemasaran, fungsi pemasaran, komponen pemasaran, serta tenaga pemasaran. Konsep pemasaran ini sendiri terdiri dari konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, konsep pemasaran social. Strategi dalam pemasaran meliputi strategi promosi, menciptakan produk, penerapan strategi biaya rendah serta strategi penerapan pasar. Dalam penyusunan rencana pemasaran perusahaan perlu melakukan beberapa tahap diantaranya melakukan analisis situasi, menerapkan tujuan dan target pasar, Menyusun strategi pemasaran, serta membentuk tim pelaksana pemasaran.

Marketing is the soul of a business or business. The definition of marketing is various actions carried out by companies to attract consumers or clients. Marketing is not limited to just promotions. Because this also includes sales and provides a deeper understanding regarding the products or services the company has. This paper contains related types of marketing, marketing functions, marketing components, and marketing personnel. The marketing concept itself consists of the production concept, product concept, sales concept, marketing concept, social marketing concept. Marketing strategies include promotional strategies, creating products, implementing low cost strategies and market implementation strategies. In preparing a marketing plan, a company needs to carry out several stages, including conducting a situation analysis, implementing market goals and targets, developing a marketing strategy, and forming a marketing implementation team.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-01