STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS ANGGOTA PADA BMT MASLAHAH KCP GONDANG WETAN

Penulis

  • S. Soliha Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Salahuddin Pasuruan
  • Saiful Bakhri Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Salahuddin Pasuruan

Kata Kunci:

Relationship Marketing, Strategi Pemasaran, Penerapan Strategi

Abstrak

This research aims to assess the impact of implementing a marketing strategy using a relationship approach on the level of member loyalty. This research was conducted at the BMT Maslahah Capem Gondang Wetan Pasuruan branch office. The method applied is descriptive-qualitative, with data collection through direct observation at the internship site and interviews with employees of BMT Maslahah KCP Gondang Wetan. The research results, after analyzing the SWOT, show that the "Relationship marketing" marketing strategy implemented by BMT Maslahah KCP Gondang Wetan is considered effective. However, there are several aspects that need improvement, especially in handling financing which is experiencing problems.

Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak penerapan strategi pemasaran melalui pendekatan hubungan terhadap tingkat loyalitas anggota. Penelitian ini dilakukan di kantor cabang BMT Maslahah KCP Gondang Wetan. Metode yang diterapkan adalah deskriptif-kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi langsung di tempat magang dan wawancara dengan karyawan BMT Maslahah KCP Gondang Wetan. Hasil penelitian, setelah menganalisis SWOT, menunjukkan bahwa strategi pemasaran "Relationship marketing" yang diterapkan oleh BMT Maslahah KCP Gondang Wetan dinilai efektif. Meskipun demikian, terdapat beberapa aspek yang perlu perbaikan, terutama dalam penanganan pembiayaan yang mengalami masalah.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-01