PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK SEBAGAI DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA MENINGKATKAN UMKM KERAJINAN TANGAN DI DESA SIRNAGALIH

Penulis

  • Fiwasifi Isyiya
  • Chairul Fathulah
  • Dede Khoirunisa
  • Qonita
  • Irfan Alfarisi
  • Fadli Winata

Kata Kunci:

media sosial, digital marketing, umkm, kerajinan tangan

Abstrak

Digital marketing merupakan salah satu strategi pemasaran menggunakan media digital seperti media sosial, email, internet untuk memasarkan dan mempromosikan produk atau layanan serta brand kepada konsumen (Putri, 2020). Digital marketing juga dapat di kenal sebagai pemasaran online yang bertujuan untuk menarik para konsumen ataupun calon konsumen untuk membeli produk atau jasa yang di tawarkan secara cepat. Pada penelitian ini kuliah kerja mahasiswa (KKM) UNIBA ingin melakukan inovasi dalam hal digitalisasi UMKM. Masalah yang di hadapi yaitu pelaku UMKM yang masih belum memanfaatkan digitalisasi dalam penjualan nya. Oleh karena itu, KKM UNIBA terjun langsung ke lpangan untuk membantu para pelaku UMKM untuk bisa mempromosikan produk dan ja`sa yang ingin di jual melalui media social facebook. Tujuan dari KKM ini yaitu membantu membuatkan akn media social agar langsung dapat di gunakan oleh para pelaku UMKM yang ada di desa Sirnagalih khususnya “pega perajin kreatif untuk memasarkan produk dan jasa pada akun facebook secara luas. Untuk itu di harapkan dengan adanya pembuatan akun media social facebook ini dapat menumbuhkan dan meningkatkan penjualan UMKM yang ada di Desa Sirnagalih

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-04