ANALISIS EFEKTIVITAS DAN PENERAPAN PROSEDUR PENAGIHAN PAJAK DAERAH TERHADAP TUNGGAKAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PADA BAPENDA KABUPATEN MANGGARAI BARAT

Penulis

  • Yohana Sugianti Nasrin Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Sunu priyawan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Tunggakan Pajak, Efektivitas Penagihan

Abstrak

Penelitian ini tujuannya guna memahami pokok permasalahan yaitu adanya tunggakan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) atas Kantor Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Manggarai Barat. Penelitian ini didasari oleh latar belakang tertentu yang menjadi alasan mengapa penelitian ini dilakukan yaitu mencari tahu penyebab tunggakan. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan deskriptif atas pendekatan kualitatif. Fokus penelitian yakni: 1) Mengetahui penyebab terjadinya tunggakan pajak bumi dan bangunan pada Kantor Pendapatan Daerah Kabupaten Manggarai Barat, 2) Memahami tingkatan efektivitas penagihan Pajak Bumi dan Bangunan, 3) Mengetahui prosedur penagihan Pajak Bumi dan Bangunan, 4) Mengetahui cara Badan Pendapatan Daerah dalam menyelesaikan tunggakan ataupun sulitnya melakukan penagihan atas Pajak Bumi dan Bangunan.

Penelitian ini memperoleh satu kesimpulan bahwasanya penagihan PBB yang terdapat pada kantor Bapenda Kabupaten Manggarai Barat dengan menggunakan surat himbauan, surat tagihan dan surat teguran belum bisa dikatakan efektif sepenuhnya, namun pemerintah daerah sudah melaksanakan suatu prosedur yang telah ditetapkan sesuai aturan perpajakan. Upaya tersebut dalam bentuk edukasi kepada masyarakat melalui cara melakukan sosialisasi serta pula sikap pro aktif atas penagihan dalam melaksanakan penagihan Pajak Bumi dan Bangunan dan melalui pendatangan rumah-rumah wajib pajak guna melaksanakan tagihan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-01