PENGARUH SUPERVISI DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU MELALUI MOTIVASI PADA SMA NEGERI 4 PEKANBARU
Kata Kunci:
Supervisi, Kompetensi, Motivasi, Kinerja GuruAbstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi dan kompetensi terhadap kinerja guru melalui motivasi pada SMAN 4 Pekanbaru. Populasi Dalam penelitian ini adalah seluruh guru PNS di SMAN 4 Pekanbaru. Jumlah sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara teknik sampling jenuh (sensus), yaitu menjadikan seluruh anggota populasi menjadi sampel, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 guru. Metode analisis data penelitian ini menggunakan metode analisis Structural Equation Modelling – Partial Least Square (SEM-PLS) dengan software SmartPLS versi 4.1.1.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Supervisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi. Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap motivasi. Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Supervisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru yang melalui motivasi. Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru yang melalui motivasi.




