PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GARAM KONSUMSI DI CV. REKA CIPTA INDONESIA

Penulis

  • Yayan Firmansyah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Sofia Pudji Estiasih Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Kata Kunci:

Harga, Kualitas Produk, dan Keputusan Pembelian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian garam konsumsi di CV. Reka Cipta Indonesia.  Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dan teknik pengumpulan data melalui pendistribusian kuisioner dengan pernyataan untuk masing-masing variabel.   Sampel penelitian terdiri dari 84 individu dari Reka Cipta Indonesia, dengan menggunakan metode sampling insidental. Penelitian ini menggunakan metodologi analisis statistik kuantitatif deskriptif, meliputi uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolinearitas,uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji-t, dan uji-F.   Hasil uji-t untuk variabel harga menghasilkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, yang menunjukkan bahwa harga mempengaruhi keputusan pembelian.   Faktor kualitas produk secara signifikan bernilai 0,000 < 0,05, yang menunjukkan bahwa kualitas produk mempengaruhi keputusan pembelian.   Hasil pengujian bersamaan menunjukkan bahwa F 0,000 < 0,05, sehingga memastikan bahwa harga dan kualitas barang secara bersamaan memengaruhi pilihan pembelian.   Hal ini menunjukkan bahwa harga dan kualitas barang merupakan faktor penentu yang sangat penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

This study aims to determine the influence of price and product quality on the purchase decision of consumption salt at CV. Reka Cipta Indonesia. This study uses quantitative methodology and data collection techniques through the distribution of questionnaires with statements for each variable. The research sample consisted of 84 individuals from CV. Reka Cipta Indonesia, using an incidental sampling method. This study uses a descriptive quantitative statistical analysis methodology, including classical assumption test, normality test, multicollinearity test, autocorrelation test, heteroscedasticity test, multiple linear regression analysis, determination coefficient test, t-test, and F-test. The results of the t-test for the price variable resulted in a significant value of 0.000 < 0.05, indicating that price is influencing the purchase decision. The product quality factor is significantly valued at 0.000 < 0.05, which indicates that the product quality affects the purchase decision. The results of the concurrent test showed that F 0.000 < 0.05, thus ensuring that the price and quality of the goods simultaneously influenced the purchase choice. This shows that the price and quality of goods are very important determining factors in influencing consumer purchasing decisions.

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-30