PERANAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK PEMBELAJARAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Penulis

  • Anissa Happy Yunia Wiyono Universitas Pelita Bangsa
  • Novita Erliana Sari Universitas PGRI Madiun
  • Dwi Nila Andriani Universitas PGRI Madiun

Kata Kunci:

Artificial Intelligence, Pembelajaran Mahasiswa, Efektivitas Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peranan Artificial Intelligence dalam proses pembelajaran mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi di Universitas PGRI Madiun Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, sehingga teknik penentuan populasi sesuai dengan judul penelitian yaitu mahasiswa Pendidikan Ekonomi dan sampel dipilih berdasarkan kriteria peneliti yaitu mahasiswa yang aktif menggunakan Artificial Intelligence dalam kegiatan pembelajaran mahasiswa. Instrumen penelitian ini adalah wawancara mendalam dengan panduan pertanyaan, observasi, serta menggunakan alat bantu seperti perekam suara dan dokumentasi foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Artificial Intelligence berperan signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar, efektivitas pemahaman konsep ekonomi, dan keterampilan analitis mahasiswa. Platform seperti ChatGPT, Google Gemini, dan Perplexity AI menjadi alat yang sering digunakan mahasiswa untuk memahami materi, mengerjakan tugas, serta mencari referensi akademik. Meskipun demikian, terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan data yang tersedia, keakuratan jawaban, serta ketergantungan yang berlebihan terhadap teknologi.

This study aims to examine the role of Artificial Intelligence in the learning process of students in the Economics Education Study Program at Universitas PGRI Madiun. This study used a qualitative approach with a phenomenological method. Therefore, the population was determined in accordance with the research title, namely Economics Education students. The sample was selected based on the researcher's criteria, namely students who actively use Artificial Intelligence in their learning activities. The research instruments were in-depth interviews with guided questions, observation, and the use of tools such as a voice recorder and photo documentation. The results showed that Artificial Intelligence plays a significant role in increasing student learning motivation, effectiveness in understanding economic concepts, and analytical skills. Platforms such as ChatGPT, Google Gemini, and Perplexity AI are tools frequently used by students to understand material, complete assignments, and search for academic references. However, several obstacles exist, such as limited available data, accuracy of answers, and over-reliance on technology.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30