ANALISIS PERSAINGAN TIDAK SEIMBANG IMPLIKASI E-COMMERCE TERHADAP PENURUNAN PENJUALAN UMKM OFFLINE

Penulis

  • Pupung Purnamasari Universitas Pelita Bangsa
  • Afrilia Putri Universitas Pelita Bangsa
  • Restiana Dewi Universitas Pelita Bangsa
  • Melda Septiani Universitas Pelita Bangsa

Kata Kunci:

E-Commerce, UMKM, Penjualan Offline, Persaingan Usaha, Digitalisasi

Abstrak

Studi ini mengeksplorasi dampak penggunaan platform e-commerce dan media sosial terhadap usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia, dengan fokus pada bagaimana berbagai platform digital dapat meningkatkan jumlah penjualan produk. Hasil dari studi ini menunjukkan adanya pergeseran dalam perilaku konsumen yang semakin cenderung memilih berbelanja secara online, serta manfaat yang dirasakan UMKM yang menggunakan platform digital, seperti peningkatan penjualan dan lebih banyaknya eksposur produk mereka. Di sisi lain, UMKM yang tidak beradaptasi dengan perkembangan digital menghadapi tantangan yang dapat menyebabkan penurunan penjualan di sektor offline. Rekomendasi yang diberikan mencakup pelatihan dalam bidang digital, pemasaran melalui internet, studi lebih lanjut, dan pengembangan kebijakan yang mendukung proses transformasi digital UMKM. Agar dapat mencapai keseimbangan antara penjualan online dan offline, UMKM disarankan untuk menerapkan kombinasi strategi online dan offline, meluncurkan program loyalitas, memperbaiki pengalaman pelanggan, melakukan analisis terhadap data, menawarkan variasi produk dan layanan yang lebih luas, menjalin kemitraan dengan platform e-commerce, serta melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala terhadap performa penjualan baik online maupun offline.

This study explores the impact of e-commerce and social media platforms on micro, small, and medium enterprises (MSMEs) in Indonesia, focusing on how various digital platforms can increase product sales. The results of this study indicate a change in consumer behavior that is increasingly choosing to shop online, as well as the benefits felt by MSMEs that use digital platforms, such as increased sales and more exposure of their products. On the other hand, MSMEs that do not adapt to digital developments face challenges that can lead to decreased sales in the offline sector. Recommendations provided include training in the digital field, internet marketing, further studies, and development policies that support the MSME digital transformation process. In order to achieve a balance between online and offline sales, MSMEs are advised to implement a combination of online and offline strategies, launch loyalty programs, improve customer experience, analyze data, offer a wider variety of products and services, establish partnerships with e-commerce platforms, and conduct regular monitoring and evaluation of sales performance both online and offline.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-28