ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL (IKD) DI DINAS DUKCAPIL KOTA JAMBI MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Penulis

  • Daffa Alfian Anugrah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Andreo Yudherta Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Mhd. Theo Aribangsa Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Kata Kunci:

Kualitas Layanan, Kepuasan Pengguna, Aplikasi IKD, Technology Acceptance Model (TAM)

Abstrak

Identitas Kependudukan Digital (IKD) merupakan informasi elektronik yang dapat diakses melalui smartphone berbentuk aplikasi digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan. IKD ini merupakan inovasi yang diluncurkan oleh Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri guna memanfaatkan digitalisasi serta mengatasi permasalahan cetak ulang KTP elektronik fisik yang memerlukan waktu cukup lama, sehingga masyarakat dapat menggunakan IKD ini sebagai pengganti KTP elektronik. tujuan dan fokus penelitian untuk meneliti kepuasan, maka model yang dianggap representative adalah Technology Acceptance Model (TAM) mengacu pada faktor-faktor yang ada pada model tersebut dapat mengukur besarnya kepuasan pengguna aplikasi IKD di Dukcapil Kota Jambi. Pentingnya penelitian ini dilakukan adalah untuk memberikan kontribusi dalam kelanjutan pengembangan aplikasi IKD, sehingga pelayanan terhadap masyarakat menjadi lebih baik. Pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota jambi pun lebih tanggap serta memahami keluhan Masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan pnyebaran kuesioner secara langsung berupa link kuesioner online kepada pengguna aplikasi IKD yang berdomisili di Kota Jambi, menggunakan teknik pengambilan sampel pada 100 responden. Berdasarkan hasil uji F simultan diperoleh nilai Sig. adalah 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 12,338 > 2,47. Maka dapat disimpulkan pengambilan Keputusan pada Uji F ini secara keseluruhan hipotesis diterima dengan kata lain Perceived Ease Of Use (X1), Perceived Usefulness (X2), Attitude Toward Using (X3), Behavioral Intention To Use (X4) berpengaruh secara simultan terhadap Actual Usage (Y). (Kepuasan Pengguna) yang dilakukan tidak ada yang ditolak atau bisa dikatakan semuanya diterima. Keseluruhan Tingkat Pencapaian diperoleh sebesar 70,2%. Jadi rata-rata tingkat pencapaian untuk skor kepuasan pengguna didapatkan adalah sebesar 70,2%, yang termasuk dalam kategori interval persentase 68% - 84% dengan kriteria puas. Jadi dalam penelitian ini hasil tingkat kepuasan pengguna Aplikasi IKD di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi ditemukan bahwa mayoritas pengguna merasa puas dalam penggunaannya secara keseluruhan.

 

Digital Population Identity (IKD) is electronic information that can be accessed through smartphones in the form of applications used to represent population documents. This IKD is an innovation launched by the Director General of Population and Civil Registration of the Ministry of Home Affairs to take advantage of digitalization and overcome the problem of reprinting physical electronic ID cards which takes a long time, so that people can use this IKD as a substitute for electronic ID cards. The purpose and focus of the research is to examine satisfaction, so the model that is considered representative is the Technology Acceptance Model (TAM) referring to the factors that exist in the model can measure the amount of satisfaction of IKD application users in Dukcapil Jambi City. The importance of this research is to contribute to the continuation of the development of the IKD application, so that services to the community become better. The services provided by the Jambi City Population and Civil Registration Office are also more responsive and understand the complaints of the community. Data collection was carried out by distributing questionnaires directly in the form of online questionnaire links to IKD application users domiciled in Jambi City, using sampling techniques on 100 respondents. Based on the results of the simultaneous F test, the Sig. value was 0.000 < 0.05 and the F value was calculated 12.338 > 2.47. Therefore, it can be concluded that the decision making in Test F as a whole hypothesis is accepted in other words, Perceived Ease Of Use (X1), Perceived Usefulness (X2), Attitude Toward Using (X3), Behavioral Intention To Use (X4) have a simultaneous effect on Actual Usage (Y). (User Satisfaction) that was done was not rejected or it could be said that everything was accepted. The overall Achievement Rate was obtained at 70.2%. So the average achievement rate for the user satisfaction score obtained is 70.2%, which is included in the category of percentage interval 68% - 84% with satisfaction criteria. So in this study, the results of the user satisfaction level of the IKD Application at the Jambi City Population and Civil Registration Office found that the majority of users were satisfied with its overall use.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-28