PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS KELAS X MPLB SMKS PAB2 HELVETIA T.A 2024/2025

Penulis

  • Isma Fadhillah Universitas Negeri Medan
  • Nelly Armayanti Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Disiplin Belajar Dan Lingkungan Belajar, Hasil Belajar Siswa

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk megetahui Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas X MPLB Di SMK Negeri 1. Penelitian ini dilaksanakan di SMKS PAB 2 Helvetia pada tahun pembelajaran 2024/2025. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MPLB Di SMKS PAB 2 Helvetia yang berjumlah 51 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa: (1) persamaan regresi Y = 17.261 + 0.465 X1 + 0.657 X2 (2) secara parsial Disiplin Belajar dan Lingkungan Belajar berpengaruh positif dan signifikan masing-masing dengan nilai Sig<0,05 yaitu 0,000 < 0,05 (3) secara simultan Disiplin Belajar Dan Lingkungan Belajar berpengaruh secara signifikan pada nilai Fhitung > Ftabel (31.779 > 3,12) dan (4) nilai R2 adalah sebesar 0.570 artinya kontribusi dari Lingkungan Belajar sebesar 57.00% yang dipengaruhi oleh kedua variabel yang masuk dalam persamaan. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas X MPLB Di SMKS PAB 2 Helvetia T.A 2024/2025.

 

The problem in this study is the suboptimal learning outcomes of students. The purpose of this study is to determine the Influence of Learning Discipline and Learning Environment on Student Learning Outcomes in the Basics of Office Management and Business Services Subjects for Class X MPLB at SMK Negeri 1. This research was conducted at SMKS PAB 2 Helvetia in the 2024/2025 academic year. The sample in this study was class X MPLB at SMKS PAB 2 Helvetia, totaling 51 students. The data collection technique used was through a questionnaire. The results of the study show that: (1) the regression equation Y = 17.261 + 0.465 X1 + 0.657 X2 (2) partially Learning Discipline and Learning Environment have a positive and significant effect each with a Sig value <0.05, namely 0.000 <0.05 (3) simultaneously Learning Discipline and Learning Environment have a significant effect on the Fcount value> Ftable (31.779> 3.12) and (4) The R2 value of 0.570 means that the contribution of the Learning Environment is 57.00% which is influenced by both variables included in the equation. Based on this study, it can be concluded that there is an Influence of Learning Discipline and Learning Environment on Student Learning Outcomes in the Basics of Office Management and Business Services Subjects for Class X MPLB at SMKS PAB 2 Helvetia in the 2024/2025 academic year.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-28