PENGARUH LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA
Kata Kunci:
Literasi Ekonomi, Perilaku Konsumtif, Mahasiswa, Pengelolaan Keuangan, Pendidikan EkonomiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Literasi ekonomi dianggap sebagai salah satu faktor penting dalam membentuk perilaku konsumsi yang bijak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei melalui penyebaran kuesioner kepada 75 responden mahasiswa aktif. Instrumen penelitian menggunakan skala Likert dan diuji validitas serta reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh indikator dalam variabel literasi ekonomi dan perilaku konsumtif dinyatakan valid dan reliabel. Temuan utama menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara tingkat literasi ekonomi dengan perilaku konsumtif mahasiswa. Mahasiswa yang memiliki pemahaman tinggi mengenai konsep dasar ekonomi, pengelolaan keuangan pribadi, dan perencanaan keuangan masa depan cenderung memiliki perilaku konsumtif yang lebih terkendali. Namun, faktor eksternal seperti pengaruh media sosial, iklan, dan gaya hidup tetap menjadi tantangan dalam membentuk perilaku konsumsi rasional. Penelitian ini merekomendasikan penguatan literasi ekonomi secara aplikatif dalam kurikulum pendidikan tinggi untuk membentuk mahasiswa yang cerdas secara finansial.
This study aims to determine the effect of economic literacy on the consumer behavior of students in the Economics Education Study Program at the Sultan Syarif Kasim State Islamic University, Riau. Economic literacy is considered as one of the important factors in forming wise consumption behavior. This study uses a quantitative method with a survey approach by distributing questionnaires to 75 active student respondents. The research instrument uses a Likert scale and is tested for validity and reliability. The results of the study show that all indicators in the economic literacy and consumer behavior variables are declared valid and reliable. The main findings indicate that there is a significant influence between the level of economic literacy and student consumer behavior. Students who have a high understanding of basic economic concepts, personal financial management, and future financial planning tend to have more controlled consumer behavior. However, external factors such as the influence of social media, advertising, and lifestyle remain challenges in forming rational consumption behavior. This study recommends strengthening economic literacy in an applied manner in the higher education curriculum to form financially intelligent students.