ANALISIS MANAJEMEN RESIKO PENGGUNAAN MOBILE BANKING PADA BANK DEVELOPMENT BANK OF SINGAPORE (DBS) INDONESIA
Kata Kunci:
Manajemen Risiko Digital, Mobile Banking, Keamanan Siber, Pendidikan Pelanggan, Deteksi Penipuan, DBS, Mitigasi Risiko, Jasa KeuanganAbstrak
Masa ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, telah menjadikan suatu Industri perbankan bersaing ketat dalam menciptakan inovasi produk serta layanan berbasis digital atau elektronik dalam layanan transaksinya. Mobile banking merupakan bagian dari contoh Perkembangan teknologi yang begitu menarik karena dapat melakukan transaksi secara langsung kapan saja, dimana saja serta dapat diakses selama 24 jam dengan menggunakan internet melalui smartphone. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk menganalisis manajemen risiko penggunaan mobile mbaking di bank DBS. Hasilnya mengungkapkan bahwa DBS telah menerapkan beberapa langkah keamanan, seperti otentikasi multi-faktor, enkripsi data, dan sistem deteksi penipuan canggih, untuk meningkatkan keamanan platform mobile bankingnya, digibank. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan yang signifikan, termasuk kebutuhan untuk peningkatan pendidikan pelanggan mengenai literasi digital dan risiko ancaman dunia maya, yang dapat merusak kepercayaan pelanggan. Sebagai kesimpulan, sementara DBS telah membuat langkah-langkah dalam pengamanan layanan perbankan digitalnya, efektivitas langkah-langkah ini harus terus dievaluasi dan dinilai. Studi ini merekomendasikan strategi komprehensif yang mencakup investasi berkelanjutan dalam teknologi, peningkatan pendidikan pelanggan, dan komunikasi transparan untuk menumbuhkan kepercayaan dan memastikan keamanan transaksi pelanggan di lanskap digital.