ANALISIS MASALAH PERENCANAAN LOKASI NADIFA MART

Penulis

  • Danny Andrian Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Pramudita Syah Putra Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Rahmat Zainul Rezki Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Lusiana Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Kata Kunci:

Perencanaan Lokasi, Nadifa Mart

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis masalah perencanaan lokasi nadifa mart di kota padang yang berdampak kepada penjualan di nadifa mart Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan mengumpulkan data yang sudah di teliti oleh peneliti dan menggambarkan secara rinci. Penelitian kualitatif adalah proses penyelidikan naturalistic yang mencari pemahaman mendalam tentang fenomena sosial secara alami. Metode deskriptif adalah penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena yang ada yaitu fenomena alam atau fenomena buatan manusia yang di gunakan untuk menganalisis atau mendeskripsikan hasil subjek tetapi tidak di maksudkan untuk memberikan implikasi yang lebih luas. (Sugiyono, 2021) Objek penelitian ini adalah karyawan berjumlah 5 dan pemilik nadifa mart berjumlah 1 orang. Adapun data yang diperkukan yaitu data primer dan data sekunder.  Teknik data pada penelitian ini adalah melalui wawancara yg di lakukan oleh peneliti terhadap karyawan berjumlah 5 dan pemilik nadifa mart berjumlah 1 orang. Analisa data yang di gunakan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian di atas Maka hasil penelitian di atas menunjukan Lokasi nadifa mart berada di antara mini market lain nya sehingga berdampak kepada menurun nya penjualan nadifa mart setiap tahun nya, maka untuk saran dari peneliti adalah pihak Nadifa Mart harus mempertimbangkan lokasi sebelum menjalankan usaha. Hal ini dikarenakan sering kali lokasi yang strategis, mudah dilihat konsumen maupun mudah dijangkau sarana transportasi mendatang profitabilitas yang maksimal karena dengan lokasi yang strategis lebih mudah untuk menarik konsumen. Selain pemilihan lokasi, memperbanyak relasi dan pelanggan sangat penting diperhatikan oleh pedagang. Menumbuhkan rasa kepercayaan kepada pelanggan akan menghasilkan keuntungan yang meningkat.

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-30