PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM PEMASANGAN MESIN EDC CIMB NIAGA JAKARTA SELATAN

Penulis

  • Naura Asyifa Riyani Universitas Bina Sarana Informatika
  • Musthafa Kamil Universitas Bina Sarana Informatika

Kata Kunci:

Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan

Abstrak

Mesin EDC (Electronic Data Capture) salah satu alat yang mendukung transaksi dan pembayaran secara non tunai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam pemasangan mesin EDC CIMB Niaga Jakarta Selatan. Kualitas produk yang dimaksud seperti daya tahan dan kemudahan penggunan EDC, sementara itu kualitas pelayanan meliputi kecepatan dan sikap profesional dalam peroses. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif statistik dengan melakukan penyebaran kuesioner melalui googel from. Populasi penelitian ini terdiri dari 246 pemasangan Mesin EDC CIMB Niaga Jakarta Selatan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah slovin dengan jumlah sampel sebanyak 71 orang. Berdasarkan pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan uji T dan uji F , kemudian diolah menggunakan SPSS versi 20. Maka hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas produk tidak berpengaruh signifikansi terhadap kepuasan pelanggan karena terdapat nilai thitung 0,839 < ttabel 1,995. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikansi terhadap kepuasan pelanggan terdapat nilai thitung 5,449 > ttabel 1,995. Secara simultan kualitas produk dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikansi terhadap kepuasan pelanggan terbukti dengan nilai fhitung 38,711 > ftabel 3,31.

EDC (Electronic Data Capture) is one of the tools that supports transactions and non-cash payments. This study aims to analyze the influence of product quality and service quality on customer satisfaction in the installation of CIMB Niaga EDC machines in South Jakarta. The quality of the product in question is such as durability and ease of use of EDC, while service quality includes speed and professional attitude in processing. The method used in this study is quantitative statistics by distributing questionnaires through googel from. The population of this study consists of 246 installations of CIMB Niaga EDC Machines in South Jakarta. The sampling technique used in this study was slovin with a sample of 71 people. Based on hypothesis testing, this study uses the T test and F test, then processed using SPSS version 20. Therefore, the results of the study show that product quality does not have a significant effect on customer satisfaction because there is a t-value of 0.839 < ttabel 1.995. Service quality has a positive effect and significance on customer satisfaction, there is a t-value of 5.449 > ttable 1.995. Simultaneously, product quality and service quality have a significant influence on customer satisfaction, as evidenced by the value of f calculated 38.711 > ftable 3.31.

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-30