ANALISIS SWOT DALAM MANAJEMEN PRODUK KEWIRAUSAHAAN KELAS XII DI SMK HKBP SIDIKALANG

Penulis

  • Romanty Hutasoit Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Tiurmaida Sianturi Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Dean Hutajulu Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Thalia S.O Sidabalok Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Rizki Christian Sipayung Universitas HKBP Nommensen Medan

Kata Kunci:

SWOT, Pengelolaan Produk, Kewirausahaan

Abstrak

Artikel ini menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi pengelolaan produk kewirausahaan di kelas XII SMK HKBP Sidikalang menggunakan metode SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat kekuatan seperti dukungan kurikulum dan tenaga pengajar kompeten, namun masih terdapat kelemahan berupa minimnya modal dan penguasaan teknologi. Peluang di bidang digitalisasi dan kemitraan dengan pelaku usaha memberikan prospek positif, meskipun dihadapkan pada ancaman seperti persaingan pasar dan perubahan tren. Rekomendasi strategis diberikan untuk memaksimalkan potensi dan mengatasi tantangan, sehingga mendukung pengembangan keterampilan kewirausahaan siswa.

This article analyzes internal and external factors that affect the management of entrepreneurial products in class XII SMK HKBP Sidikalang using the SWOT method. The results of the analysis show that there are strengths such as curriculum support and competent teaching staff, but there are still weaknesses in the form of lack of capital and mastery of technology. Opportunities in the field of digitalization and partnerships with business actors provide positive prospects, despite being faced with threats such as market competition and changing trends. Strategic recommendations are given to maximize potential and overcome challenges, thereby supporting the development of students' entrepreneurial skills.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-27