PENINGKATAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR MELALUI PENGUATAN KEPEMIMPINAN KARISMATIK, TEAM LEARNING, DAN KUALITAS KEHIDUPAN KERJA PADA GURU PONDOK PESANTREN DI SUKABUMI
Kata Kunci:
Organizational Citizenship Behavior, Kepemimpinan Karismatik, Team Learning, Kualitas Kehidupan Kerja, Guru Pondok PesantrenAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan Organizational Citizenship Behavior (OCB) melalui penguatan Kepemimpinan Karismatik (KP), Pembelajaran Tim (TL), dan Kualitas Kehidupan Kerja (K3) pada guru-guru Pondok Pesantren di Sukabumi. Penelitian kuantitatif ini dilakukan pada 340 guru yang tersebar di delapan Pondok Pesantren di Sukabumi, dengan jumlah sampel sebanyak 184 guru yang dipilih menggunakan metode simple random sampling. Data dianalisis menggunakan analisis jalur (Path Analysis), menghasilkan simpulan bahwa Kepemimpinan karismatik βy1=0,707); demikian pula team learning berpengaruh langsung terhadap OCB (βy2= 0,635), dan kualitas kehidupan kerja terbukti memiliki pengaruh langsung signifikan terhadap OCB (βy3=0,253). Kualitas kerja berfungsi efektif sebagai mediator pengaruh tidak langsung kepemimpinan dan team learning terhadap OCB. Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan terintegrasi yang menggabungkan penguatan kepemimpinan karismatik, pembelajaran tim yang efektif, dan kualitas kehidupan kerja yang baik untuk menciptakan lingkungan kerja yang mendukung dan meningkatkan OCB pada guru Pondok Pesantren.
This study aims to analyse the improvement of Organizational Citizenship Behavior (OCB) through strengthening Charismatic Leadership (CL), Team Learning (TL), and Quality of Work Life (QWL) in Islamic Boarding School teachers in Sukabumi. This quantitative research was conducted on 340 teachers spread across eight Islamic Boarding Schools in Sukabumi, with a sample size of 184 teachers selected using simple random sampling method. Data were analysed using path analysis, resulting in the conclusion that charismatic leadership (βy1=0.707); as well as team learning has a direct effect on OCB (βy2= 0.635), and quality of work life is proven to have a significant direct effect on OCB (βy3=0.253). Work quality effectively mediated the indirect effects of leadership and team learning on OCB. These findings confirm the importance of an integrated approach that combines strengthening charismatic leadership, effective team learning, and good quality of work life to create a supportive work environment and improve OCB in Islamic Boarding School teachers.