PENGARUH INOVASI, STRATEGI PEMASARAN , MEDIA SOSIAL TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM

Penulis

  • Antika Widayanti Bina Insan Lubuklinggau
  • Irma Idayati Universitas Bina Insan
  • Nasruddin Universitas Bina Insan
  • Dian Khairunnisa Universitas Bina Insan
  • Dewi Anggraini Universitas Bina Insan
  • Ani Sari Faturrohmah Universitas Bina Insan
  • Tri Andriani Universitas Bina Insan
  • Wirya Hadi Nugroho Universitas Bina Insan

Kata Kunci:

Inovasi, Strategi Pemasaran, Media Sosial, Pertumbuhan UMKM

Abstrak

Inovasi produk adalah salah satu pengembangan suatu produk atau sebuah ide baru yang muncul. Hal ini dilakukan agar konsumen tidak bosan dengan produk lama. Melalui inovasi, UMKM bisa menciptakan produk atau layanan yang lebih baik atau lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen. Selain inovasi, strategi pemasaran juga berperan penting dalam memperkenalkan produk dan jasa kepada pasar yang lebih luas. Strategi pemasaran yang baik bisa menjangkau konsumen secara efektif, meningkatkan penjualan, dan memperkuat posisi UMKM. Untuk memperluas pangsa pasar UMKM harus memerlukan media pemasaran yang efektif dan efisien. Media Sosial merupakan salah satu media pemasaran yang efektif dan efisien yang mampu mewujudkan tujuan tersebut. Artikel ini merupakan hasil review yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Inovasi, Strategi Pemasaran, Media Sosial Terhadap Pertumbuhan UMKM. Berdasarkan hasil penelitian terkait sebelumnya, hasil review menggunakan Systematic Literature Review (SLR) dari penelitian terdahulu pada jurnal yang dipublikasikan di Google Scholar berkisar 20 jurnal. Dimana hasil penelitian menyatakan bahwa: Pengaruh Inovasi, Strategi Pemasaran, Media Sosial, berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan UMKM.

Product innovation is one of the development of a product or a new idea that appears. This is done so that consumers do not get bored with old products. Through innovation, umkm can create products or services that are better or more in line with consumer needs. In addition to innovation, marketing strategies also play an important role in introducing products and services to a wider market. A good marketing strategy can reach consumers effectively, increase sales, and strengthen the position of umkm. To expand the UMKM market share, effective and efficient marketing media must be needed. Social media is one of the effective and efficient marketing media that is able to realize that goal. This article is the result of a review that aims to find out the influence of innovation, marketing strategies, social media on the growth of umkm. Based on the results of previous related research, the review results were published in google scholar around 20 journals. Where the research results state that: The influence of innovation, marketing strategies, social media has a positive and significant effect on the growth of umkm.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-30