PENGARUH TOTAL QUALITY MANAJEMEN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP PENJUALAN KERAMIK LANTAI UKURAN 50X50
Kata Kunci:
Total Quality Mnagement (TQM), Inovasi Produk, Keramik Lantai, Penjualan, Penelitian Dan PengembanganAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana manajemen kualitas total (TQM) dan inovasi produk berdampak pada penjualan keramik lantai ukuran 50x50 cm. Latar belakang penelitian ini adalah tingginya kebutuhan akan keramik lantai dalam proyek konstruksi serta preferensi konsumen yang meningkat terhadap produk yang inovatif dan berkualitas tinggi. Dengan data penjualan sebagai bahan analisis, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip Quality Quality Management (TQM), termasuk keterlibatan konsumen dalam proses penelitian dan pengembangan (R&D), dan penekanan pada kualitas terstandarisasi, berhasil meningkatkan penjualan keramik ukuran 50x50 cm sebesar 14,9% pada tahun 2023. Produk inovatif, keramik antislip dengan standar R11 dan ketahanan noda sesuai SNI ISO 13006, juga berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan total penjualan, dari 52,6% pada tahun 2022 menjadi 56,4% pada tahun 2023. Hasil ini menunjukkan bahwa inovasi produk dan penerapan TQM sangat penting untuk meningkatkan daya saing, memenuhi kebutuhan konsumen, dan meningkatkan penjualan. Perusahaan yang berfokus pada kualitas dan inovasi dapat memperkuat posisinya di pasar. Produk keramik antislip ini berhasil.
This study aims to see how Total Quality Management (TQM) and product innovation impact the sales of 50x50 cm floor tiles. The background of this study is the high demand for floor tiles in construction projects as well as the increasing consumer preference for innovative and high-quality products. With sales data for analysis, this study used a qualitative approach. The results showed that the application of Total Quality Management (TQM) principles, including customer involvement in the research and development (R&D) process, and an emphasis on standardized quality, successfully increased sales of 50x50 cm tiles by 14.9% by 2023. An innovative product, antislip ceramics with R11 standard and stain resistance according to SNI ISO 13006, also contributed significantly to the increase in total sales, from 52.6% in 2022 to 56.4% in 2023. These results show that product innovation and the application of TQM are essential to improve competitiveness, meet consumer needs, and increase sales. Companies that focus on quality and innovation can strengthen their position in the market. This antislip ceramic product is successful.