PERAN ETIKA BISNIS DALAM PEMASARAN SYARIAH: MEMBANGUN HUBUNGAN YANG BERKELANJUTAN DENGAN KONSUMEN

Penulis

  • Meli Merlina Universitas Islam Bandung
  • Fida Hifdiyanti Universitas Islam Bandung
  • Astri Puspa Dewi Universitas Islam Bandung

Kata Kunci:

Etika Bisnis, Peran Etika, Pemasaran Syariah

Abstrak

Artikel ini membahas peran etika dalam pemasaran syariah dan bagaimana itu dapat digunakan untuk membangun hubungan yang berkelanjutan dengan konsumen. Ketika bisnis berkembang dengan cepat dan kompetitif, perusahaan harus mempertimbangkan untuk tidak hanya menggunakan strategi pemasaran yang efektif, tetapi juga untuk membangun dan mempertahankan hubungan dengan konsumen berdasarkan integritas, transparansi, dan tanggung jawab sosial. Untuk menjamin bahwa kegiatan bisnis berjalan sesuai dengan ajaran Islam, pemasaran syariah mengedepankan prinsip-prinsip Islam seperti kejujuran, keadilan, dan amanah. Artikel ini menyelidiki penelitian sebelumnya tentang etika bisnis dan pemasaran syariah dan menemukan celah dalam cara orang memahami dan menerapkannya di dunia nyata. Sumber-sumber yang relevan dikumpulkan, ditinjau, dan dianalisis melalui pendekatan studi literatur dalam penelitian ini.  Melalui penerapan etika syariah, perusahaan diharapkan dapat menumbuhkan kepercayaan dan loyalitas konsumen yang kuat, yang akan membantu perusahaan bertahan dalam jangka panjang.

This article discusses the role of ethics in sharia marketing and how it can be used to build sustainable relationships with consumers. As businesses evolve rapidly and competitively, companies must consider not only using effective marketing strategies, but also to build and maintain relationships with consumers based on integrity, transparency, and social responsibility. To ensure that business activities run in accordance with Islamic teachings, sharia marketing prioritizes Islamic principles such as honesty, justice, and trustworthiness. This article investigates previous research on sharia business ethics and marketing and finds gaps in the way people understand and apply them in the real world. Relevant sources are collected, reviewed, and analyzed through the literature study approach in this study.  Through the implementation of sharia ethics, the company is expected to foster strong consumer trust and loyalty, which will help the company survive in the long run.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-30