PENGALAMAN PRAKTISI DALAM MANAJEMEN DAN LAYANAN DI PT. PEGADAIAN (Persero) CP JEMURSARI
Kata Kunci:
Magang, Pelayanan, PegadaianAbstrak
Magang di PT. Pegadaian (CP Jemursari) Surabaya memberikan pengalaman sangat berharga bagi penulis sebagai mahasiswa yang akan memasuki dunia kerja. Selama sekitar 4 bulan, penulis untuk secara langsung terlibat dalam berbagai kegiatan yang memperluas pengalaman serta pengetahuan di bidang keuangan, khususnya dalam pelayanan nasabah dan operasional perusahaan. Kegiatan magang dimulai dengan mempelajari proses pemasaran produk-produk keuangan yang ditawarkan Pegadaian kepada Masyarakat. Penulis memahami tentang pentingnya pemasaran untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan bagaimana cara efektif untuk meningkatkan penjualan. Selain itu, penulis juga terlibat langsung dalam penanganan nasabah, termasuk menerima dan memproses transaksi serta memberikan Solusi untuk pertanyaan ataupun permasalahan yang muncul. Penulis memperoleh pengalaman dalam menginput data nasabah ke sistem perusahaan dan mengatasi beberapa tantangan teknis, seperti masalah jaringan atau kesalahan input data. Selama magang, penulis juga berkesempatan berinteraksi dengan berbagai rekan kerja di Pegadaian baik di cabang ataupun unit lain, yang memberikan bimbingan serta berbagai pengalaman berharga dalam bidang keuangan. Kegiatan magang ini memberikan pengalaman praktis yang sangat berharga dalam memahami industri keuangan mikro serta strategi inovasi yang dapat diterapkan dalam mendukung pengembangan ekonomi Masyarakat melalui layanan yang lebih efisien.
Internship at PT. Pegadaian (CP Jemursari) Surabaya provides very valuable experience for researchers as students who will enter the world of work. For around 4 months, the researcher was directly involved in various activities that expanded experience and knowledge in the financial sector, especially in customer service and company operations. The internship activity begins with studying the marketing process of financial products offered by Pegadaian to the public. Researchers understand the importance of marketing to reach a wider audience and how to effectively increase sales. Apart from that, researchers are also directly involved in handling customers, including receiving and processing transactions and providing solutions to questions or problems that arise. Researchers gain experience in inputting customer data into company systems and overcoming several technical challenges, such as network problems or data input errors. During the internship, the researcher also had the opportunity to interact with various colleagues at Pegadaian, both in branches and other units, who provided guidance and various valuable experiences in the financial sector. This internship activity provides valuable practical experience in understanding the microfinance industry as well as innovation strategies that can be applied to support community economic development through more efficient services.