PENGARUH KETERSEDIAAN FITUR DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN BCA MOBILE
(Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNIMED)
Kata Kunci:
Feature Availability, Service Quality, Customer Loyalty, BCA MobileAbstrak
Aplikasi BCA Mobile menjadi m-banking yang paling banyak digunakan masyarakat khususnya dalam lingkup mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Ketersediaan Fitur dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah dalam bertransaksi menggunakan BCA Mobile pada Mahasiswa prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNIMED. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji regresi berganda yang meliputi uji t, uji F, dan uji R Square. Pengolahan data menggunakan software SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan Ketersediaan Fitur berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah, Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah, Ketersediaan Fitur dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Nasabah dalam bertransaksi menggunakan BCA Mobile.
The BCA Mobile application is the most widely used m-banking by the public, especially among students. The aim of this research is to analyze the influence of Feature Availability and Service Quality on Customer Loyalty in transactions using BCA Mobile among Mathematics Education Study Program students, FMIPA UNIMED. The type of data in this research is quantitative data. The data analysis method used is the multiple regression test which includes the t test, F test, and R Square test. Data processing uses SPSS 26 software. The research results show that feature availability has a positive and significant effect on customer loyalty, service quality has a positive and significant effect on customer loyalty, feature availability and service quality have a significant effect on customer loyalty when making transactions using BCA Mobile.