PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, POTONGAN HARGA DAN FREE SHIPPING TERHADAP IMPULSE BUYING MELALUI TIKTOK SHOP PADA GENERASI Z DI CIBARUSAH

Penulis

  • Ilham Hidayattulloh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharma Agung Indonesia
  • Eka Putri Yudilestari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharma Agung Indonesia

Kata Kunci:

Shopping Lifestyle, Potongan Harga, Free Shipping, Impulse Buying

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh shopping lifestyle, potongan harga, dan free Shipping terhadap impulse buying melalui TikTok Shop pada Generasi Z di Cibarusah. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat Cibarusah yang masuk dalam kategori Generasi Z. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 99 responden. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan pada penentuan sampel adalah non probability sampling menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data melakukan survey menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini ialah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial shopping lifestyle berpengaruh dan signifikan terhadap impulse buying dengan hasil pengujian nilai signifikansi sebesar 0,006 (0,006 < 0,1). Variabel potongan harga juga berpengaruh signifikan terhadap impulse buying dengan hasil pengujian nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,1). Begitupun variabel free shipping bepengaruh signifikan terhadap impulse buying dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,1). Secara simultan variabel shopping lifestyle, potongan harga, dan free shipping berpengaruh signifikan terhadap impulse buying. Begitu juga dengan pengujian koefisien dimana pengaruh yang dihasilkan pada pengujian ini sebesar 70%.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30