PENGARUH KEBERSIHAN DAN TATA BAHASA DRIVER GRAB TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN GRAB

Penulis

  • Josua Togatorop Universitas Negeri Medan
  • Dicky M.C Sinulingga Universitas Negeri Medan
  • Hendriadi Hasibuan Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Kepuasan Pelanggan, Kebersihan, Tata Bahasa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kebersihan dan tata bahasa driver grab secara simultan dan parsial terhadap kepuasaan pelangaan grab. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 responden , teknik sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. yang diukur dengan menggunakan koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan menggunakan alat analisis SPSS v 25. Hal dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kebersihan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan grab (2) Tata bahasa berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan grab (3) Kebersihan dan Tata Bahasa berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan. Di dalam penelitian ini meneliti pada objek yang alamiah, untuk mendapatkan gambaran umum tentang perkembangan industri transportasi serta kontribusi ojek online dalam pelayanan masyarakat di Indonesia khusunya di perusahaan Grab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebersihan dan tata bahasa berdampak besar bagi kepuasaan pelanggan. Juga Grab ini menjadi terobosan bisnis online yang kini sedang diminati oleh masyarakat Indonesia saat ini khususnya di Kota Medan terutama pada Mahasiswa/Mahasiswi Universitas Negeri Medan.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-01