PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI NE.GO COFFEESHOP
Kata Kunci:
Inovasi, Strategi Pemasaran, Industri KafeAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk terhadap loyalitas pelanggan di NE.GO Coffeeshop. Inovasi produk dianggap sebagai strategi penting dalam mengembangkan, meningkatkan, dan menyempurnakan produk untuk meningkatkan daya tarik pelanggan. Penelitian ini merupakan kontribusi terhadap pemahaman tentang hubungan antara inovasi produk dan loyalitas pelanggan di industri kafe, khususnya pada Ne.go Coffeeshop. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan survei dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 30 pelanggan NE.GO Coffeeshop di Jalan H. Adam Malik No.86, Silalas, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara inovasi produk dan loyalitas pelanggan di Ne.go Coffeeshop. Koefisien korelasi yang tinggi (0,986) menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara variabel inovasi produk dan loyalitas pelanggan. Selain itu, koefisien determinasi sebesar 97,2% menunjukkan bahwa variabel inovasi produk mampu menjelaskan variasi yang tinggi dalam loyalitas pelanggan. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi pemilik bisnis, pengelola kafe, dan peneliti di bidang pemasaran mengenai pentingnya terus-menerus melakukan inovasi produk untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Saran untuk penelitian mendatang mencakup melibatkan faktor-faktor tambahan seperti kualitas layanan dan persepsi harga dalam konteks hubungan inovasi produk dan loyalitas pelanggan.
This research aims to determine the effect of product innovation on customer loyalty at NE.GO Coffeeshop. Product innovation is considered an important strategy in developing, improving, and perfecting products to increase customer appeal. This research is a contribution to the understanding of the relationship between product innovation and customer loyalty in the cafe industry, especially at Ne.go Coffeeshop. This research method uses a survey approach with a quantitative approach. Data was collected through a questionnaire distributed to 30 NE.GO Coffeeshop customers on Jalan H. Adam Malik No.86, Silalas, Kec. Medan Baru, Medan City, North Sumatra. The research results show that there is a significant positive relationship between product innovation and customer loyalty at Ne.go Coffeeshop. The high correlation coefficient (0.986) shows a very strong relationship between product innovation variables and customer loyalty. In addition, the coefficient of determination of 97.2% indicates that the product innovation variable is able to explain high variations in customer loyalty. This research provides valuable insight for business owners, cafe managers, and researchers in the marketing field regarding the importance of continuous product innovation to increase customer loyalty. Suggestions for future research include involving additional factors such as service quality and price perceptions in the context of the relationship between product innovation and customer loyalty.