PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PRODUK PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN DI E-COMMERCE TIKTOK SHOP TERHADAP MAHASISWA DI PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Kata Kunci:
Persepsi Harga, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada e-commerce tiktok shop di wilayah Sumatera Utara tepatnya di Medan. TikTok Shop merupakan sebuah platfrom e-commerce yang merupakan bagian dari aplikasi TikTok. Platform ini memungkinkan pengguna untuk membeli produk langsung melalui aplikasi TikTok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey yang berusaha untuk mengetahui bagaimana pengaruh persepsi harga dan keputusan pembelian di e-commerce TikTok Shop terhadap mahasiswa manajemen fakultas ekonomi universitas negeri medan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode kuesioner. Untuk pengujian menggunakan uji regresi linear berganda. Adapun hasil dari penelitian adalah persepsi harga dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian di e-commerce TikTok Shop terhadap Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Dan pengaruh persepsi harga dan kualitas produk secara simultan terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 0,651 atau 65,1%, sedangkan sisanya sebesar 34,9% disebabkan oleh faktor-faktor lainnya.
This research aims to determine perceptions of price and product quality on purchasing decisions at e-commerce TikTok shops in the North Sumatra region, specifically in Medan. TikTok Shop is an e-commerce platform which is part of the TikTok application. This platform allows users to purchase products directly through the TikTok application. This research is a quantitative research with a survey approach that seeks to find out how price perceptions and purchasing decisions in the e-commerce TikTok Shop influence management students at the Faculty of Economics, Medan State University. The data collection technique is by questionnaire method. For testing, use the multiple linear regression test. The results of the research are that perceptions of price and product quality influence purchasing decisions at the e-commerce TikTok Shop for Management Students at the Faculty of Economics, Medan State University. And the influence of perceived price and product quality simultaneously on purchasing decisions is 0.651 or 65.1%, while the remaining 34.9% is caused by other factors.