PENGARUH PROGRAM DISKON DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA MARKETPLACE ONLINE
Kata Kunci:
Diskon, Promosi, Loyalitas PelangganAbstrak
Marketplace kini menjadi pusat industri perdagangan digital yang berkembang pesat, yang meningkatkan daya saing perusahaan. Strategi diskon dan promosi digunakan untuk menarik pelanggan dan membuat mereka tetap setia. Studi yang menggunakan metodologi kualitatif dengan wawancara mendalam ini menemukan bahwa meskipun promosi seperti cashback atau bundling produk meningkatkan keterikatan emosional pelanggan dengan marketplace, diskon dapat meningkatkan kebahagiaan pelanggan dengan menambahkan nilai pada pembelian. Penelitian ini menunjukkan bahwa kombinasi promosi dan diskon memiliki efek yang besar terhadap loyalitas konsumen. Hasil ini menunjukkan betapa pentingnya strategi pemasaran yang terintegrasi dan relevan untuk membangun hubungan yang antara pelanggan dan marketplace online. Untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang positif dan meningkatkan loyalitas pelanggan, diskon dan promosi harus dibuat dengan mempertimbangkan preferensi dan perilaku konsumen. Di era digital yang kompetitif ini, temuan penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pemasaran yang terintegrasi dan berorientasi pada pelanggan sangat penting untuk mempertahankan daya saing dan mengembangkan hubungan jangka panjang dengan konsumen. Penelitian lebih lanjut mengenai elemen-elemen tambahan yang dapat mempengaruhi loyalitas konsumen, seperti kualitas layanan, reputasi merek, dan kemajuan teknologi dalam pembelian online, dimungkinkan oleh penelitian ini.
Marketplaces are now at the center of the fast-growing digital commerce industry, which increases the competitiveness of companies. Discount and promotion strategies are used to attract customers and keep them loyal. The study, which used a qualitative methodology with in-depth interviews, found that while promotions such as cashback or product bundling increase customers' emotional attachment to the marketplace, discounts can increase customer happiness by adding value to purchases. This research shows that the combination of promotions and discounts has a great effect on consumer loyalty. These results show how important integrated and relevant marketing strategies are to build relationships between customers and online marketplaces. To create a positive shopping experience and increase customer loyalty, discounts and promotions should be created with consumer preferences and behaviors in mind. In this competitive digital era, the research findings suggest that an integrated and customer-oriented marketing approach is essential to maintain competitiveness and develop long-term relationships with consumers. Further research into additional elements that may influence consumer loyalty, such as service quality, brand reputation, and technological advances in online purchasing, is made possible by this study.