ANALISIS PENGARUH PACKAGING PRODUK TERHADAP PERSEPSI KUALITAS DAN NILAI PRODUK PADA MINUMAN KEMASAN
Kata Kunci:
Transparansi Keuangan, Cloud-Based, Sistem Informasi Akuntansi, Pariwisata, UKMAbstrak
Pengemasana atau packaging produk merupakan bagian penting dari pemasaran yang dapat mempengaruhi persepsi pelanggan terhadap kualitas dan nilai produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh packaging produk terhadap persepsi kualitas dan nilai produk pada minuman teh botol sosro. Adapun penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan survei kepada 30 konsumen yang pernah konsumsi teh botol sosro dalam satu tahun terakhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner dan metode analisis data berkelanjutan. Kuesioner digunakan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap desain, bahan, dan informasi produk, serta dampaknya terhadap persepsi kualitas dan nilai produk. Temuan analisis menunjukkan bahwa elemen desain kemasan yang menarik secara visual, bahan varian kemasan kotak yang ramah lingkungan, dan informasi yang jelas dalam kemasan memiliki dampak yang signifikan terhadap persepsi konsumen terhadap kualitas dan nilai produk. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pengaruh kemasan terhadap persepsi kualitas dan nilai produk berhubungan dengan keputusan dan pembelian konsumen yang cukup baik.
Product packaging is an important part of marketing that can influence customer perceptions of product quality and value. The purpose of this study was to determine how much influence product packaging has on the perception of product quality and value in Teh Botol Sosro drinks. This study used a quantitative method by conducting a survey of 30 consumers who had consumed Teh Botol Sosro in the past year. Data collection was carried out by distributing questionnaires and continuous data analysis methods. The questionnaire was used to determine consumer perceptions of product design, materials, and information, as well as their impact on perceptions of product quality and value. The findings of the analysis showed that visually attractive packaging design elements, environmentally friendly box packaging variant materials, and clear information in the packaging had a significant impact on consumer perceptions of product quality and value. The results of the study showed that the influence of packaging on perceptions of product quality and value was related to fairly good consumer decisions and purchases.