PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEMUDAHAN DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MOBILE BANKING PADA MAHASISWA KELAS KARYAWAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA
Kata Kunci:
Kualitas Layanan, Kemudahan, Keamanan, Kepuasan PenggunaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas layanan, kemudahan penggunaan dan keamanan terhadap kepuasan pengguna mobile banking Pada Mahasiswa Kelas Karyawan Fakultas Ekonomi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik survei dan instrumen penelitian menggunakan angket kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas karyawan fakultas ekonomi tahun 2021-2023 yang berjumlah 306 mahasiswa aktif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa yang menggunakan mobile banking minimal sekali dalam periode tiga bulan terakhir sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji asumsi klasik serta uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS 30. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa : 1) Kualitas Layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna mobile banking. 2) Kemudahan Penggunaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna mobile banking. 3) Keamanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna mobile banking.
This study aims to examine the influence of service quality, ease of use and security on mobile banking user satisfaction in students of the Employee Class, Faculty of Economics, Mercu Buana University, Yogyakarta. The data collection method used in the survey technique and research instruments using questionnaires. The population in this study is 306 active students in the employee class of the Faculty of Economics in 2021-2023. The sample used in this study was students who used mobile banking at least once in the last three months as many as 100 respondents. The data analysis technique uses multiple regression analysis, classical assumption test and hypothesis test using the SPSS 30 program. The results of this study prove that: 1) Service quality has a significant effect on mobile banking user satisfaction. 2) Ease of Use has a significant effect on mobile banking user satisfaction. 3) Security has a significant effect on mobile banking user satisfaction.