ANALISIS RANTAI PASOK (SUPPLY CHAIN) PADA SAPI PERAH ABAH UCI KECAMATAN BOGOR BARAT KOTA BOGOR

Penulis

  • Aprilia Nur Khasanah Sekolah Vokasi IPB University
  • Havifah Dyah Ayuningtyas Sekolah Vokasi IPB University
  • Siti Aminah Sekolah Vokasi IPB University
  • Muhamad Giofadli Nugraha Sekolah Vokasi IPB University
  • Yogi Gunawan Sekolah Vokasi IPB University
  • Khoirul Aziz Husyairi Sekolah Vokasi IPB University

Kata Kunci:

Rantai Pasok, Susu Sapi, Peternakan, Pemasaran

Abstrak

Peternakan sapi perah memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan susu di Indonesia, namun produksi susu nasional belum dapat memenuhi permintaan yang tinggi, sehingga mengandalkan impor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rantai pasok susu sapi perah di Peternakan Sapi Perah Abah Uci yang terletak di Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen rantai pasok susu, peranan pelaku dalam rantai pasok, serta menyusun strategi rantai pasok yang efisien dan efektif. Metode yang digunakan adalah analisis supply chain, deskriptif kuantitatif dengan analisis SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam rantai pasok susu. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga pola aliran utama dalam rantai pasok: aliran produk, aliran informasi, dan aliran keuangan. Aliran produk terdiri dari penjualan susu langsung kepada konsumen, distribusi ke produsen yoghurt, dan melalui koperasi. Aliran informasi melibatkan koordinasi antara peternak, koperasi, produsen yoghurt, dan konsumen, sedangkan aliran keuangan melibatkan transaksi pembayaran antara peternak, koperasi, dan konsumen. Analisis marjin pemasaran dan farmer's share menunjukkan bahwa jaringan rantai pasok langsung antara peternak dan konsumen memiliki margin pemasaran yang lebih rendah dan nilai share pemasaran yang lebih tinggi, menjadikannya lebih efisien dibandingkan jaringan lainnya. Strategi yang disarankan antara lain peningkatan teknologi produksi, sertifikasi kualitas, dan penguatan kemitraan distribusi untuk memperluas pasar.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-29