DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP AKSES DAN KUALITAS PEMBELAJARAN
Kata Kunci:
Dampak Pandemi, COVID-19, Pendidikan, Pembelajaran Online, Akses Pendidikan, Kualitas PembelajaranAbstrak
Dampak pandemi COVID-19 membawa dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan, termasuk sektor pendidikan. Sebagai tanggapan terhadap pembatasan sosial, sistem pendidikan di Indonesia beralih dari pembelajaran tatap muka ke pembelajaran online. Perubahan ini menimbulkan masalah besar, terutama dalam hal akses dan kualitas belajar. Tujuan artikel ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pandemi COVID-19 mempengaruhi cara belajar di Indonesia melalui pembelajaran online. Penelitian ini memakai pendekatan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk menelaah bagaimana kebijakan dan perubahan sistem pendidikan berdampak pada pelaksanaan pembelajaran online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pembelajaran daring lebih fleksibel dan memberikan akses ke sumber daya pendidikan secara luas, masih ada masalah yang dihadapi. Kendalanya termasuk infrastruktur yang terbatas, akses internet yang tidak merata, dan kesenjangan teknologi antara daerah perkotaan dan pedesaan. Faktor-faktor yang memengaruhi kualitas pembelajaran meliputi kurangnya interaksi langsung antara guru dan siswa, serta kurangnya motivasi dan kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran online. Namun, teknologi digunakan dalam pembelajaran online dapat meningkatkan inovasi pendidikan dan memberikan kesempatan untuk perbaikan di masa mendatang. Maka, penting untuk menilai keputusan yang dibuat selama pandemi untuk meningkatkan mutu pendidikan di masa depan dengan cara yang lebih inklusif serta merata.