PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN MELALUI KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI PADA USAHA BOLU MENARA

Penulis

  • Ayu Sharon Sapm Simanungkalit Universitas Negeri Medan
  • Sabda Dian Nurani Siahaan Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Promosi, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Bolu Menara

Abstrak

Persaingan zaman sekarang, bisnis dituntut untuk menawarkan produk yang berkualitas dan mempunyai nilai yang tinggi, sehingga tampak berbeda dengan produk pesaing lainnya, serta mengkomunikasikan produk kepada pelanggan melalui kegiatan promosi yang merupakan suatu hal penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami apakah promosi dan kualitas produk memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Bolu Menara. Populasi dalam penelitian ini ialah pelanggan yang pernah berkunjung dikarenakan tertarik dan melakukan pembelian produk Bolu Menara. Sampel penelitian adalah 96 responden, menggunakan teknik Accidental Sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Partial Least Square (SmartPLS) 4.1. Hasil uji membuktikan bahwa promosi dan kualitas produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu kepuasan pelanggan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-20