OPTIMALISASI PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PERTUNJUKAN TARI KECAK DI SMP NEGERI 1 UBUD
Kata Kunci:
penguatan profil pelajar pancasila, kurikulum merdeka, SMP Negeri 1 UbudAbstrak
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan suatu program pembelajaran yang menyeluruh melintasi berbagai disiplin ilmu, dirancang untuk mengajak para pelajar untuk secara kritis mengobservasi dan merumuskan solusi terhadap berbagai tantangan yang dihadapi dalam lingkungan sekitar mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi relevansi pertunjukan tari KecakĀ dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Ubud . Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan untuk menyimpulkan temuan dari penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan outing class dan Puncak P5 melalui Pertunjukan tari Kecak berperan dalam menggali kearifan lokal masyarakat di daerah Ubud yang sudah sangat terkenal di kancah internasional namun tidak meninggalkan tradisi yang relevan dengan tema kearifan lokal dalam Kurikulum Merdeka. Melalui Proyek P5, pelajar mendapatkan manfaat dalam memperoleh pengalaman langsung, yang dimanfaatkan oleh guru sebagai sarana pembelajaran, bimbingan, dan motivasi untuk pengkaryaan seni budaya bagi peserta didik di sekolah. Upaya menjaga kearifan lokal tersebut melibatkan pelestarian seni pertunjukan budaya tari kecak yang terus berkembang, berkreasi, dan menghasilkan inovasi baru dalam berbagai bentuk. Implikasinya, kegiatan outing class dan Puncak P5 melalui Pertunjukan Seni membantu dalam eksplorasi kearifan lokal masyarakat sesuai dengan tema kearifan lokal.