NEUROEKONOMI: MANAJEMEN PEMBIAYAAN SEKOLAH SWASTA DI MASA KRISIS
Kata Kunci:
neurokonomi, manajemen, pembiayaan, krisis, relaksasi, neuroeconomics, management, financing, crisis, relaxationAbstrak
Pandemi Covid-19 berdampak krisis ekonomi pada lembaga pendidikan khususnya sekolah swasta. Dalam krisis, kepala sekolah sebagai manajer pembiayaan harus mengelola keuangan di sekolahnya tetap dalam kondisi bagus. Dalam menjalankan manajemen pembiayaan tersebut tidak terlepaskan dari kerja otak manusianya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerja otak terkait pengambilan keputusan ekonomi dalam manajemen pembiayaan di masa krisis. Penelitian adalah penelitian kepustakaan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerja otak manusia menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam proses menjalankan manajemen pembiayaan dengan tiga bagian penting dalam otak yaitu lobus temporal, sistem limbik pada otak tengah dan cerebral cortex. Ketiga bagian otak ini bekerja secara simultan dan saling mempengaruhi dengan posisi peran lobus temporal sebagai pondasi keberhasilan dua bagian lainnya. Artinya kualitas manajemen pembiayaan secara berurutan ditentukan oleh kualitas dari kerja otak lobus temporal, sistem limbik dan cerebral cortex. Selain itu di antara program dalam manajemen pembiayaan ini adalah relaksasi pembayaran biaya pendidikan.
Covid-19 pandemic has impacted the economic crisis on educational institutions, especially private schools. In this crisis, the principal as a finance manager must manage the finances in his school to keep it in good condition. In carrying out the management of these funds cannot be separated from the work of the human brain. This study aims to determine the workings of the brain related to economic decision making in financing management in times of crisis. This research is library research with descriptive analysis. The results showed that the human brain works as an inseparable part in the process of carrying out financing management with three important parts in the brain, namely the temporal lobe, the limbic system in the midbrain and the cerebral cortex. These three parts of the brain work simultaneously and influence each other with the position of the temporal lobe as the foundation for the success of the other two parts. This means that the quality of financing management is sequentially determined by the quality of the work of the temporal lobe brain, limbic system and cerebral cortex. In addition, among the programs in this financing management is the relaxation of the payment of tuition fees.