STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG INKLUSI DI SMP NEGERI 1 UBUD

Penulis

  • Ni Wayan Somawati Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Wayan Karja Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ni Made Arshiniwati Institut Seni Indonesia Denpasar

Kata Kunci:

Pembelajaran berdiferensiasi, inklusi, SMP Negeri 1 Ubud

Abstrak

Penerapan strategi pembelajaran diferensiasi merupakan bagian dari upaya menciptakan pembelajaran inklusif. Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap siswa di SMP Negeri 1 UbudĀ  , sehingga semua peserta didik memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai potensi mereka dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi metode yang tepat dalam mengenali kebutuhan individual siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kwalitaif dengan mendeskripsikan strategi pembelajaran diferensiasi. Dengan menerapkan strategi berdiferensiasi, sekolah berhasil menciptakan lingkungan pembelajaran inklusif di mana setiap siswa merasa dihargai dan didukung dalam proses belajar mereka terlihat peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan partisipasi siswa di kelas, yang menghasilkan fondasi yang kuat untuk pertumbuhan akademik dan pribadi mereka ke depan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-20