PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK MAHASISWA AKUNTANSI PERSPEKTIF FRAUD DIAMOND THEORY
Kata Kunci:
Tekanan, Kesempatan, Rasionalisasi, Kemampuan, perillaku kecurangan akademik mahasiswa akuntansi, Pressure, Opportunity, Rationalization, Capability, Academic fraud behavior of accounting studentsAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji perilaku kecurangan akademik mahasiswa akuntansi berdasarkan perspektif fraud diamond theory . Sampel yang digunakan sebanyak 123 mahasiswa akuntansi. Kuesioner Google Forms digunakan sebagai bagian dari metode pengumpulan data. Dengan menggunakan program aplikasi SPSS versi 26.0, analisis regresi berganda adalah pendekatan analisis data yang digunakan. Nilai F hitung sebesar 24.627 dengan sig 0.000 menunjukkan bahwa faktor-faktor tekanan, kesempatan, rasionalisasi, dan kemampuan memiliki pengaruh positif terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa akuntansi secara simultan (uji F). Kebiasaan kecurangan akademik mahasiswa akuntansi secara parsial (uji t) dipengaruhi secara positif oleh tekanan, hal ini ditunjukkan dengan t hitung 5,989 dengan sig 0,000. Kesempatan tidak memiliki pengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa akuntansi yang dibuktikan dengan t-hitung sebesar -0.723 dan sig-0.472. Nilai t hitung sebesar 0.500 dan sig 0.619 menunjukkan bahwa rasionalisasi tidak memiliki pengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa akuntansi. Nilai t hitung sebesar 4.720 dan sig 0.000 menunjukkan bahwa kemampuan memiliki pengaruh positif terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa akuntansi. Uji koefisien determinasi menunjukkan menunjukkan 50,4 % perilaku kecurangan akademik mahasiswa akuntansi dapat dijelaskan keempat faktor tekanan, kesempatan, rasionalisasi dan kemampuan.