PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR DALAM NEGOSIASI BISNIS MANUFAKTUR PERCETAKAN KAOS CUSTOM : MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN
Kata Kunci:
bahasa Indonesia, negosiasi bisnis, manufaktur, Indonesian, business negotiations, manufacturingAbstrak
Penelitian ini memiliki tujuan mengidentifikasi dan menganalisis penggunaan bahasa Indonesia yang tepat dan dapat mempengaruhi hasil dalam negosiasi bisnis manufaktur. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan pengumpulan data melalui berbagai literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sangat penting untuk memastikan komunikasi yang efektif dan mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahpahaman. Penggunaan bahasa yang tepat membantu dalam penyusunan kesepakatan yang lebih jelas, memfasilitasi pemahaman yang lebih baik tentang syarat dan ketentuan kontrak, serta mempercepat proses negosiasi. Temuan ini menekankan pentingnya pelatihan bahasa bagi para profesional di sektor manufaktur untuk meningkatkan kemampuan negosiasi mereka, yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada keberhasilan bisnis secara keseluruhan.
This research aims to identify and analyze the appropriate use of Indonesian which can influence the results in manufacturing business negotiations. The research method used is qualitative and data collection through various literature. The research results show that it is very important to ensure effective communication and reduce the possibility of misunderstandings. Using appropriate language helps in drafting clearer agreements, facilitates better understanding of contract terms and conditions, and speeds up the negotiation process. These findings emphasize the importance of language training for professionals in the manufacturing sector to improve their negotiation skills, which can ultimately contribute to overall business success