ANALISIS KINERJA MANAJEMEN RANTAI PASOKAN DENGAN METODE BALANCED SCORECARD (Studi pada PT XXX)

Penulis

  • Erlina Universitas Lampung
  • Syella Devi Universitas Lampung

Kata Kunci:

Manajemen Rantai Pasokan, Balanced Scorecard, KPI, Supply Chain Management

Abstrak

Manajemen rantai pasokan (MRP) adalah kunci dalam mencapai keunggulan kompetitif, melibatkan seluruh proses dari produsen hingga konsumen. Penelitian ini bertujuan menganalisis kinerja MRP dengan menggunakan balanced scorecard untuk meningkatkan efisiensi perusahaan. Analisis kinerja dilakukan dengan pengukuran yang seimbang pada aspek keuangan dan non-keuangan, menggambarkan sasaran strategis perusahaan dalam perspektif keuangan, pelanggan, proses internal, dan pertumbuhan. Studi kasus pada PT XXX menunjukkan bahwa evaluasi kinerja belum dilakukan, menyebabkan data transaksional hanya berfungsi sebagai rekapitulasi. Namun, penggunaan balanced scorecard membantu menetapkan KPI dan mengevaluasi capaian, dengan total pencapaian KPI perusahaan mencapai 92,9%. Meskipun beberapa KPI seperti rasio lancar, net profit margin, dan rasio produktivitas melebihi target, tujuh KPI lainnya belum mencapai atau mendekati target. Penelitian ini menyoroti pentingnya evaluasi kinerja MRP dan implementasi metode pengukuran yang tepat untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing perusahaan. 

Supply chain management (SCM) is key to achieving competitive advantage, involving the entire process from manufacturers to consumers. This research aims to analyze the performance of SCM using a balanced scorecard to enhance company efficiency. Performance analysis is conducted through balanced measurements on financial and non-financial aspects, depicting the company's strategic objectives from financial, customer, internal process, and growth perspectives. A case study on PT XXX indicates that performance evaluation has not been conducted, leading transactional data to only serve as a recapitulation. However, the use of balanced scorecards helps establish KPIs and evaluate achievements, with the total achievement of the company's KPIs reaching 92.9%. Although some KPIs such as current ratio, net profit margin, and productivity ratio exceed targets, seven other KPIs have not reached or approached the target. This research highlights the importance of evaluating SCM performance and implementing appropriate measurement methods to improve company efficiency and competitiveness.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30