PENGARUH MEREK KOSMETIKA WARDAH TERHADAP MINAT KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK : PENDEKATAN ANALISIS BAHASA DALAM KONTEKS PEMASARAN DIGITAL
Kata Kunci:
Brand Image, Wardah Cosmetics, Perilaku Konsumen, Pemasaran Digital, Analisis Bahasa, Pemasaran Media SosialAbstrak
Perkembangan bisnis dan ekonomi yang pesat di Indonesia mengharuskan perusahaan-perusahaan untuk beradaptasi dan menciptakan solusi inovatif agar tetap kompetitif. Citra merek yang kuat sangat penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, terutama di industri kosmetik. Wardah, sebuah merek kosmetik lokal yang populer, telah berhasil memanfaatkan strategi pemasaran digital untuk memasarkan produknya. Penelitian ini menganalisis pengaruh citra merek Wardah terhadap minat beli konsumen dengan menggunakan analisis bahasa dalam pemasaran digital, khususnya di Instagram. Penelitian ini menemukan bahwa citra merek secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, dengan kualitas produk, citra merek, dan rekomendasi dari teman sebaya atau influencer menjadi faktor kunci. Kesuksesan Wardah terletak pada kemampuannya mengkomunikasikan citra merek dan nilai-nilai positifnya secara efektif, seperti mempromosikan produk kecantikan halal, yang beresonansi dengan baik dengan konsumen, terutama di kalangan wanita Muslim.