ANALISIS PENGARUH PROMOSI DAN ATMOSFER GERAI TERHADAP IMPULSE BUYING MELALUI EMOSI POSITIF SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PUSAT PROMOSI PRODUK DAERAH KABUPATEN SIJUNJUNG

Penulis

  • Dwi Kiki Enjela Universitas Putra Indonesia Yptk Padang
  • Putri Arizka Universitas Putra Indonesia Yptk Padang
  • Azhari Rahmat Universitas Putra Indonesia Yptk Padang

Kata Kunci:

Promosi, Atmosfer Gerai, Emosi Positif, Impulse Buying

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promosi, Atmosfer Gerai terhadap Impulse Buying melalui Emosi Positif sebgai Variabel Intervening pada Pusat Promosi Produk Daerah kabupaten Sijunjung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dan analisis jalur. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan Uji Parsial (Uji t) model 1 diperoleh: (a) Terdapat pengaruh tidak signifikan Promosi terhadap Emosi Positif dibuktikan dengan hasil pengujian dengan SPSS diperoleh t-hitung untuk variabel Promosi (X1) 1,898 lebih kecildari t-tabel 1,984. (b) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Atmosfer gerai terhadap emosi positif dibuktikan dengan hasil pengujian dengan SPSS diperoleh t-hitung untuk variabel Atmosfer Gerai (X2) 5,918 lebih besar dari t-tabel 1,984. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan Uji Parsial (Uji t) model 2 diperoleh: (a) Terdapat pengaruh positif dan signifikan promosi terhadap impulse buying, dibuktikan Hasil pengujian dengan SPSS diperoleh t-hitung untuk variabel Promosi (X1) 3,045 lebih besardari t-tabel 1,984. (b) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Atmosfer gerai terhadap impulse buying, dibuktikan dengan Hasil pengujian dengan SPSS diperoleh t-hitung untuk variabel Atmosfer Gerai (X2) 2,906 lebih besardari t-tabel 1,984. (c) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Emosi positif terhadap impulse buying, dibuktikan dengan Hasil pengujian dengan SPSS diperoleh t-hitung untuk variabel Emosi Positif(Z) 7,389 lebih besardari t-tabel 1,984. Kemudian berdasarkan uji hipotesis secara simultan (Uji F) model I dan model II dapat diketahui nilai Fhitung.Dengan demikian pengaruh promosi dan Atmosfer gerai terhadap impulse buying melalui emosi positif sebagai variabel intervening tersebut sudah layak dan benar. Dan berdasarkan uji koefisien Determinasi (R2) model 1 sebesar 0,511atau 51,1% hal ini menunjukan bahwa persentase sumbangan variabel independen Promosi dan Atmosfer Gerai terhadap variabel dependen Emosi Positif adalah sebesar 51,1%. Dan berdasarkan uji koefisien Determinasi (R2) model II nilainya sebesar 0,756atau 75,6% hal ini menunjukan bahwa persentase sumbangan variabel independen Promosi, Atmosfer Gerai dan Emosi Positif terhadap variabel dependenImpulse Buying adalah sebesar 75,6%.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-01