KESUKSESAN STRATEGI DAN MANAJEMEN KEUANGAN PADA UMKM ROTI

Penulis

  • Etty Zuliawati Zed Universitas Pelita Bangsa
  • Intan Rita Supriyati Universitas Pelita Bangsa
  • Aulia Rahmah Anwar Universitas Pelita Bangsa
  • Silvani Wulandari Universitas Pelita Bangsa

Kata Kunci:

Strategi Pemasaran, Harga Produksi, Pencatatan Keuangan

Abstrak

UMKM menjadi salah satu pengaruh roda ekonomi di daerah maupun di Indonesia. UMKM sebagai alternatif warga negara Indonesia untuk memperoleh pekerjaan. Dengan menciptakan usaha sendiri dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan menghasilkan keuntungan pribadi dan dapat memanfaatkan sumber daya yang ada sehingga keberlangsungan hidup usaha kecil dapat terus berkembang. Tentunya strategi pemasaran juga dibutuhkan untuk mendapatkan konsumen yang royal dan loyal. Dengan strategi pemasaran yang baik produk dapat dipasarkan secara maksimal dan menyeluruh. Bila pelaku usaha tidak dapat memahami strategi pemasaran dan penyebaran produk yang baik, maka produk yang tidak terdistribusi dengan baik dapat mempengaruhi keuntungan yang diperoleh. Masalah lainnya yang muncul adalah kurangnya pemahaman dalam menentukan harga pokok produksi sendiri sehingga harga yang di sebarkan kepada konsumen tidak berdasarkan komponen biaya yang timbul dalam produksi. Oleh karna itu tujuan jangka pendek yang diperlukan dapat mendampingi UMKM serta mengevaluasi strategi pemasaran dan manajemen keuangan dalam penjualan roti. Sehingga dapat mengurangi kendala yang dihadapi pemilik usaha.

UMKM are one of the influences on the economic wheels in the regions and in Indonesia. UMKM as an alternative for Indonesian citizens to obtain work. By creating your own business you can encourage economic growth and generate personal profits and can utilize existing resources so that the survival of small businesses can continue to grow. Of course, marketing strategies are also needed to get loyal and loyal consumers. With a good marketing strategy, products can be marketed optimally and thoroughly. If business actors cannot understand marketing strategies and good product distribution, then products that are not distributed well can affect the profits obtained. Another problem that arises is a lack of understanding in determining the cost of production itself so that the prices distributed to consumers are not based on the cost components that arise in production. Therefore, the short-term goals needed are to assist UMKM and evaluate marketing strategies and financial management in selling bread. So it can reduce the obstacles faced by business owners.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30