IMPLEMENTASI MINAT BELI PRODUK TENUN BERDASARKAN PERSPEKTIF KETERAMPILAN DAN KUALITAS PELAYANAN

Penulis

  • Ulfa Hayati Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Ida Nirwana Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Nurhayati Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

Kata Kunci:

Keterampilan, Kualitas Pelayanan, Minat Beli Produk

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan Minat Beli (Y) jika dilihat dari aspek Keterampilan (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan data primer dengan Accidental sampling, menggunakan sampel sebanyak 65 orang yaitu warga atau masyarakat yang pernah membeli produk kerajinan Usaha Tenun Padi Sarumpun, yang mana jumlah populasinya tidak bisa ditentukan. Analisis menggunakan teknik analisis linier berganda menunjukkan bahwa variabel Keterampilan (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh terhadap Minat Beli Produk (Y). Persamaan regresi linier berganda yang diperoleh adalah Y = 17,560 + 0,651 (X1) + 0,327 (X2) + 0,05. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel independen (X1 dan X2) memiliki pengaruh sebesar 41,2% terhadap variabel dependen (Y), sedangkan 58,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain tidak termasuk dalam penelitian. Uji t variabel Keterampilan (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) menunjukkan bahwa keduanya berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Produk (Y) dengan fhitung > ftabel. Dari uji f, Keterampilan (X1) Kualitas Pelayanan (X2) secara simultan atau bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap variabel dependen, yaitu Minat Beli Produk (Y), nilai fhitung > ftabel (21,697 > 3,15) dan tingkat signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05).

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30