THE EFFECT OF COMPENSATION AND THE WORK ENVIRONMENT ON EMPLOYEE LOYALTY WITH EMPLOYEE SATISFACTION AS A MEDIATION VARIABLE
Kata Kunci:
Kompensasi, Lingkungan Kerja, Kepuasan, LoyalitasAbstrak
Teknologi dan sumber daya manusia adalah dua komponen yang sangat penting dalam bisnis makanan cepat saji, yang merupakan sektor padat karya. Sektor makanan cepat saji harus memahami perilaku pekerjanya karena sumber daya manusia ini, membuat penelitian ini menjadi penting. Sektor makanan cepat saji PT Rekso Nasional Food mempekerjakan 252 responden staf untuk penelitian ini, yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang didistribusikan dan Analisis Model Persamaan Struktural (SEM). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kebahagiaan kerja dipengaruhi secara positif oleh gaji dan tempat kerja. Sebaliknya, loyalitas tidak dipengaruhi secara positif oleh uang. Pekerja PT Rekso Nasional Food lebih loyal karena lingkungan kerjanya. Pengaruh lingkungan kerja yang baik terhadap loyalitas karyawan PT Rekso Nasional Food tidak dapat dimediasi oleh kebahagiaan karyawan. konsekuensi bagi restoran McDonald's untuk memikirkan gaji, tempat kerja, dan loyalitas agar dapat meningkatkan keterlibatan karyawan dan berhasil memenuhi tujuan perusahaan
Technology and human resources are two highly essential components in the fast-food business, which is a labor-intensive sector. The fast-food sector must understand the behavior of its workers due to these human resources, making this study crucial. PT Rekso Nasional Food's fast-food sector employed 252 staff respondents for the research, which was carried out utilizing a distributed questionnaire and a Structural Equation Model (SEM) Analysis. The findings of this research demonstrate that job happiness is positively impacted by pay and the workplace. In contrast, loyalty is not positively impacted by money. The PT Rekso Nasional Food workers are more loyal as a result of their work environment. The favorable impact of the work environment on the loyalty of the employees of PT Rekso Nasional Food cannot be mediated by employee happiness. consequences for McDonald's restaurants to think about pay, the workplace, and loyalty in order to be able to enhance employee engagement and successfully meet company objectives.